-->

Kalimaya Jernih Dari Timor Leste

Setelah sebelumnya kalimaya juga ditemukan di Sumatera barat, tidak hanya di Banten. Kali ini Kalimaya juga ditemukan di   Timor Timur (Timtim) atau Timor Leste. Di Timor leste yang letaknya sangat dekat dengan Propinsi NTT, batu jenis ini  sangat langka.



Kelibihan batu Kalimaya Timor leste ini adalah warnanya yang indah, sama seperti kristal warna-warni pelangi di kalimaya Banten, namun lebih jernih dan transparan. Tingkat kekerasan batu ini 5,5 sampai 6,5 skala Mohs. Batu akik ini termasuk dalam jajaran 10 batu mulia termahal di dunia. Dan pancaran cahaya warna-warni yang dimiliki akik ini membuat kalimaya tampak mewah

Batu yang satu ini oleh orang Timor dipercaya memiliki energi yang luar biasa. Batu ini mampu menyerap energi metafisika secara otomatis dari alam.  Untuk kisaran harga, di sekitaran kota Kupang batu ini dipatok pada harga berkisaran mulai Rp800 ribu untuk ukuran 1,2 cm x 0,8 cm. Sementara untuk panjang 2,5 cm dan lebar 1,5 cm berharga Rp2 juta.

"Untuk perawatan, bersihkan batu dengan air sabun dan sikat secara halus menggunakan sikat gigi agar batu ini tidak terlihat kusam,’’ ungkap Ado, warga pulau Rote yang biasa berjualan batu akik di Pelabuhan Tenau.

Previous
Next Post »

Post a Comment