-->

Mengenal Potensi Batu Siklop Dari Papua

Seiring demam batu akik, satu persatu kekayaan alam permata Nusantara mulai bermunculan. Wilayah Indonesia Timur, termasuk wilayah paling banyak potensi batu mulianya, selain pulau bacan dari Halmahera. Kali ini akikpedia memunculkan lagi pendatang baru batu mulia dari Indonesia Timur, yaitu batu cyclops.


Tanah Papua kaya akan batu akik (gemstone), di antara batu yang jadi andalan provinsi paling Timur Indonesia ini adalah Batu Cyclop. Batu jenis ini paling dicari. Batu ini banyak ditemukan di kawasan pegunungan Siklop, Jayapura yang dikramatkan oleh warga setempat. Bagi warga sekitar Danau Sentani, Gunung Siklop adalah "air susu ibu" atau gunung ibu.

Posisi Gunung Siklop memiliki banyak mata air yang mengalir ke Danau Sentani, oleh karena mereka menyebutnya gunung ibu, dan sangat dikeramatkan oleh warga sekitar. Hal itu yang membuat batu Siklop sangat langka di pasaran, bahkan material mentahnya pun sulit didapat di gunungnya.

Soal harga tergantung kondisi, namun harganya tetap selangit, dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Warna batu tersebut cukup beragam dari merah, hijau, kuning, hitam, ada juga yang putih.

Kontur tanah Papua yang dikelilingi pengunungan tinggi, memang kaya akan batu dan sumber daya alam. Saat demam batu akik melanda Indonesia, kolektor pun mulai membidik batu dari Papua tersebut.


Previous
Next Post »

Post a Comment