-->

Tren batu akik masih bertahan. Pendatang baru dalam jagad akik Indonesia adalah si badar perak Buton Utara (Butur) atau disebut juga badar perak Ereke. Keindahan utama batu akik ini terletak pada keunikan motif yang dimiliki. Dimulai dari kombinasi warna yang menawan. Terlebih, kandungan perak yang menonjol menambah kesan elegan dan mewah.


Jika ditimpa sinar, badar perak ereki akan tembus dan membiaskan warna hitam merah. Kemudian ada unsur peraknya. Untuk harga,  saat ini masih tergolong rendah. Berkisar Rp1–2 juta, apabila sudah berbentuk cincin dengan size di atas kantoran.

Batu ini hanya bisa ditemukan di aliran sungai Lakansai Kecamatan Kulisusu Barat dan Lasiwa Kecamatan Wakorumba Utara. Tidak ada motif batu yang kembar meskipun berasal dari bongkahan yang sama. Saat ini untuk sementara hanya ditemukan kandungan peraknya saja.

Tips untuk merawat batu akik badar perak Ereke ini, pertama, batu akik badar perak dengan serbuk intan dan kulit bekas. Kemudian oleskan baby oil di permukaan batu badar perak. Setelah itu jemur batu badar perak 2 jam setiap harinya.

Previous
Next Post »

Post a Comment