-->

Rumah Akik Ngrojo Akan Diresmikan di Kulon Progo Yogyakarta

 Masyarakat seputaran Kulonprogo, khususnya para penggemar akik kini patut bernapas lega. Pasalnya pada Sabtu (11/7) akan diresmikan Rumah Akik Ngrojo oleh Bupati Kulonprogo. Menempati area seluas 1000 meter 'Rumah akik Ngrojo' ini nantinya akan menjadi sentra pengembangan batu akik di seputaran Kulonprogo,



Lahan pengembangan batu akik tersebut merupakan inisiatif dari seorang pengusaha A Karjono yang merelakan lahan miliknya untuk ditempati para pengrajin dan pebisnis batu akik di seputaran Kulonprogo tersebut

 "Saya beli lahan bekas pemotongan ayam itu setahun lalu, sejak itu saya tidak tahu mau dipergunakan untuk apa. Kebetulan ini batu akik masih booming, dan kebetulan di Yogyakarta khususnya di Kulonprogo sebagai penghasil batu hias belum memiliki sentra seperti itu," ujar A. karjono.

Menurut Karjono, Rumah Akik Ngrojo akan menampung tidak kurang dari 30 perajin dan pedagang batu akik. "Saya senang anak-anak muda kreatif terlibat dalam kegiatan ini, karena selama ini saya dengar mereka sudah berusaha mandiri, sedangkan tempat untuk berkumpul belum punya," katanya.

Peresmian akan ditandai pembukaan selubung dua buah akik raksasa berdiamater satu meter dan 80 Cm oleh Bupati Kulonprogo Yogyakarta. Seluruh acara dipandu pelawak Yogyakarta, Dalijo Angkring dan ditutup dengan acara berbuka bersama.

Ignatius Sawabi selaku Direktur Pengelola Rumah Akik Ngrojo mengatakan ke depan tidak hanya batu akik yang bisa dikembangkan di rumah itu.

"Ya namanya memang Rumah Akik, tetapi sangat mungkin kami akan pergunakan untuk pengembangan bidang yang lain. Kami siapkan ruangan untuk diskusi pertanian, kuliner, dan kesenian-kesenian lain. Silakan pergunakan rumah itu dengan baik," katanya.

Selain itu pada saatnya nanti, lokasi tersebut juga akan dipergunakan untuk ajang komunikasi para penggemar burung berkicau, para penggemar arung jeram, hingga para penggemar pusaka tosan aji bisa berkumpul.

"Mungkin bisa disebut pasar budaya, tapi itu masih jauh. Soal sewa-menyewa tidak perlu dipikirkan, yang penting menjaga kebersihan. Bahkan untuk event-event tertentu, jika mungkin akan kami bantu carikan sponsor," katanya

Previous
Next Post »

Post a Comment